Jumat, 31 Agustus 2012

ULANGAN HARIAN SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2011/2012 Mata PelajaraN Bahasa Indonesia ( I ) Kelas VI (enam)

1.   Perilaku boros dalam meng konsumsi listrik harus diakhiri agar laju konsumsi listrik bisa diredam. Sebab, melonjaknya harga energi di pasar
      global telah membengkakkan subsidi listrik yang harus disediakan negara. Selain itu, pemborosan. Termasuk dalam kelistrikan, pada dasarnya
      adalah perilaku tidak terpuji.   
      Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
a. Perilaku boros dalam meng konsumsi listrik harus diakhiari.        c. Harga energi di pasar global melonjak.
b. Subsidi listrik yang harus disedia kan negara membengkak.        d. Pemborosan termasuk perilaku tidak terpuji.

2.   Penyajian suatu karangan yang panjang dalam bentuk singkat disebut ....
a. synopsis            b. cerpen                c. ringkasan            d. apersepsi

3.   Keterangan mengenai waktu dan tempat terjadinya peristiwa-peristiwa dalam cerita disebut ....
a. latar            b. alur                c. amanat                d. tema

4.   “Ssst ..., sarapan istimewa liburan hari pertama sudah siap. Cumi-cumi isi untuk Wina, ayam kelia untuk Sita,” bisik mama. Mata Wina dan Sita
      langsung terbuka lebar mendengar bisikan mama. Mereka pun segera bangkit untuk pergi mandi.
      Latar waktu dalam penggalan cerita tersebut adalah ....
a. pagi hari            b. siang hari            c. sore hari            d. malam hari

5.   Penelitian membuktikan bahwa negara kita termasuk negara yang boros dalam penggunaan air, listrik, dan telepon.
      Antonim kata boros adalah ....
a. hemat            b. kikir                c. berhati-hati            d. dermawan

6.   Maskot Gerakan Hemat Listrik berupa boneka lampu pijar bernama Bili. Bili akronim dari ....
a. bebas listrik        b. bijak listrik            c. bebas lingkungan            d. bina lingkungan

7.   Sandi menghampiri Badu yang sudah lama menunggunya. Sinonim kata menunggu adalah ....
a. mengharap         b. menyertai            c. menanti            d. merayu

8.   Membaca sekilas bertujuan untuk ....
a. mengetahui informasi-informasi penting                c. mencari jalan keluar atas suatu masalah
    b. melatih kekuatan ingatan                    d. menghabiskan waktu luang

9.   Pemerintah (bagi) kompor gas kepada masyarakat, secara cuma- cuma. Kata dalam kurung seharusnya disempurnakan menjadi ....
a. membagi             b. membagikan            c. dibagikan            d. pembagian

10. Dari Pasar Senen, mereka melanjutkan perjalanan ke terminal lainnya. Wina dan Sita yang semula cemberut berubah gembira. Mereka    
      memper hatikan berbagai hal yang selama ini luput dari perhatian mereka. Pengamen, penyemir sepatu, penjaja permen, penjual air minum,
      dan tukang koran begitu banyak mereka jumpai di sepanjang jalan. Latar tempat penggalan cerita di atas adalah ....
a. di Pasar Senen                        c. di sepanjang perjalanan dari Pasar Senen menuju ke terminal lain
    b. di Stasiun Gambir                        d. di sepanjang perjalanan pulang dari Monas


II. Kerjakan soal-soal berikut ini!

1.   Tentukan sinonim kata-kata bercetak tebal berikut!
a. Teriakan Nanung, anak sulung Roib, mengagetkan laki-laki itu.
b. Dia cepat-cepat membebatkan kain sarungnya.
c. “Kamu tertabrak di mana? “dengan cemas Roib memegangi kepala Tono.

2.   Tentukan antonim kata-kata bercetak tebal berikut!
a. Siang itu, udara terasa panas.
b. Rumah Roib yang sempit gerah.

Kamis, 30 Agustus 2012

Latihan Soal pengertian unsure, senyawa dan campuran

Soal!
1.    Jelaskan pengertian unsure, senyawa dan campuran?
2.    Tuliskan kelimpahan unsure yang terdapat dikerak bumi!
3.    Tuliskan 5 contoh senyawa dalam kehidupan sehari-hari!
4.    Jelaskan pengertian unsur metalloid?
5.    Tuliskan sifat-sifat senyawa!
6.    Tuliskan 5 contoh unsur dalam kehidupan sehari-hari!
7.    Jelaskan jenis-jenis campuran?
8.    Jelaskan pengertian materi?
9.    Berikan 2 contoh dari larutan, suspense dan koloid!
10.    Jelaskan pengelompokkan campuran?

Rabu, 29 Agustus 2012

SOAL SOAL BADAN USAHA

1.    Syarat-syarat apa sajakah sebagai bukti telah berdirinya sebuah firma? Deskripsikan!
2.    Dengan melihat beberapa kelemahan badan usaha perseorangan, firma dan CV manakah bentuk badan usaha yang kemungkinan untuk didirikan pada saat sekarang? Berikan alasan Anda.
3.    Menurut kalian apakah keberadaan BUMN dan BUMD di Indonesia saat ini dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat? Berikan alasan atas jawaban kalian disertai beberapa contoh!
4.    Identifikasikan perbedaan badan usaha swasta perseorangan dengan badan usaha swasta persekutuan!
5.    Identifikasikan prinsip-prinsip yang membedakan koperasi dengan badan usaha yang lain!

Selasa, 28 Agustus 2012

LEMBARAN SOAL TES HASIL BELAJAR SISWA UNSUR , SENYAWA DAN CAMPURAN

1.    Pernyataan yang paling tepat mengenai unsur adalah ....
a. zat tunggal yang tidak dapat diuraikan menjadi zat   yang lebih sederhana
b. zat tunggal yang tidak dapat bercampur dengan zat lain
c. zat tunggal yang sudah tidak dapat dibagi lagi
d. zat tunggal yang tidak dapat bersenyawa dengan zat tunggal lain.
2.    Senyawa adalah ….
a. zat tunggal yang mempunyai sifat yang sama pada
   setiap bagiannya
b. zat tunggal yang dapat diuraikan secara kimia
   menjadi  dua zat jenis zat atau lebih.
c. zat tunggal yang tidak dapat diuraikan secara
   kimia menjadi zat-zat lain.
d. materi yang tersusun oleh dua atau lebih jenis zat  yang masih  mempunyai sifat asalnya
3.    Campuran adalah ….
a materi yang tersusun oleh dua atau lebih jenis zat
    yang masih  mempunyai sifat asalnya
b. zat tunggal yang tidak dapat diuraikan secara
   kimia menjadi zat-zat lain
c. zat tunggal yang mempunyai sifat yang sama pada
   setiap bagiannya
d. zat tunggal yang dapat diuraikan secara kimia
   menjadi dua zat atau lebih.
4.    Lambang unsur adalah….
a. lambang  suatu unsur yang menyatakan jenis dan jumlah relative atom-atom unsure.
b. lambang yang menyatakan jenis dan jumlah unsure dalam suatu molekul
c. lambang yang diturunkan dari nama unsur itu berdasarkan aturan yang telah ditetapkan.
d. lambang yang menyatakan perbandingan unsure paling sederhana
5.    Gas berbahaya yang dihasilkan dari pembakaran tidak sempurna adalah gas karbon monoksida. Penulisan rumus kimia karbon monoksida adalah ....
a. CO                                 c. C2O
b. CO2                              d. CO3
6.    Lambang unsur raksa adalah….
a. R                       c. Hg
b. Ra                      d. Hr
7.    Sifat unsure yang pada umum memiliki titik cair dan titik leleh yang tinggi adalah unsure…
a. unsure nonlogam       c.unsur metaloyd
b.unsur logam               d.unsur logam dan nonlogam
8.    Sifat unsur penyusun senyawa adalah…
a. sama dengan senyawa yang terbentuk
b. berbeda dengan senyawa yang terbentuk
c. bergantung pada reaksi yang terjadi
d. ditentukan oleh kecepatan reaksinya
9.    Unsure yang memiliki sifat logam dan logam adalah….
a. unsure Logam              c. Unsur murni
b. unsure nonlogam         d. Unsur Metaloid
10.    Yang tidak termasuk senyawa….
a. Air                                   c. garam                                              
b. asam                                d. hidrogen
11.    Yang tidak termasuk sifat-sifat campuran adalah ….
a. terdiri dari dua jenis atau lebih zat tunggal.
b. komposisi penyusunnya tidak tetap.
c. masih mempunyai sifat asal.
d. tidak mempunyai sifat asal.
12.    Homogen adalah….
a. suatu bentuk campuran yang keadaannya terletak
    diantara larutan dan suspense
b. campuran yang tiap bagiannya mengandung
    jumlah zat terlarut sama besar.
c. campuran kasar dan tampak keruh
d. campuran terbentuk dari dua atau lebih jenis zat
    yang masih mempunyai sifat asalnya
13.    Yang termasuk jenis campuran heterogen yaitu ….
Campuran dapat digolongkan menjadi….
a. Unsur, senyawa dan campuran
c. Unsur, senyawa dan koloid
c. Larutan, koloid dan senyawa
d. Larutan, koloid dan suspense
14.    Koloid adalah…..
a. campuran yang tiap bagiannya mengandung
    jumlah zat terlarut sama besar.
b. campuran kasar dan tampak keruh
c. suatu bentuk campuran yang keadaannya terletak
    diantara larutan dan suspense
d. campuran terbentuk dari dua atau lebih jenis zat
    yang masih mempunyai sifat asalnya
15.    Yang termasuk jenis campuran heterogen yaitu ….
 a. campuran dan suspensi
 b. campuran dan koloid
 c. koloid dan suspensi
d. koloid dan larutan
16.    Jumlah unsure yang terdapat di alam yaitu….
a. 92 unsur           c. 82 unsur
b. 117 unsur         d. 97 unsur
17.    Unsure penyusun dari Sukrosa yaitu…
a. Karbon, Hidrogen dan Natrium
b. Karbon, Hidrogen dan Besi
c. Karbon, Hidrogen dan Oksigen
d. Karbon, Hidrogen dan Florin
18.    Segala Sesutu yang menempati ruang dan memiliki massa adalah….
a. Unsur                 c. Senyawa
b. Materi                d. larutan
19.    Diantara zat berikut, yang tidak termasuk unsur yaitu …
a.Aluminium                         c.Silikon                                  
b.Natrium                              d.Air
20.    Yang termasuk dari suspensi yaitu….
a. air sabun               c. air garam
b. teh manis              d. campuran kapur dengan air

Senin, 27 Agustus 2012

SOAL BUDAYA KERJA

BUDAYA KERJA
Bahagian ini berkaitan dengan budaya kerja. Ia terbahagi kepada dua iaitu sikap individu dan organisasi.
Bagi setiap persoalan, sila gunakan skala di atas dan BULATKAN jawapan anda pada nombor yang disediakan di sebelah kanan setiap soalan.
1    Saya mempunyai hubungan yang baik dengan rakan sekerja    1    2    3    4    5
2    Saya mempunyai sikap bertolak ansur dengan rakan sekerja    1    2    3    4    5
3    Kami sering berkongsi maklumat antara satu sama lain demi kesinambungan kerja    1    2    3    4    5
4    Saya sering berasa bimbang sekiranya saya tidak menepati waktu datang bekerja.    1    2    3    4    5
5    Kami menyokong antara satu sama lain walaupun isu bukan berkaitan pekerjaan.    1    2    3    4    5
6    Kami mempunyai semangat kerja berpasukan    1    2    3    4    5
7    Kami melakukan perancangan masa untuk melakukan kerja bersama – sama.    1    2    3    4    5
8    Terdapat individu yang tidak mesra dengan rakan sekerja    1    2    3    4    5
9    Pekerja bersedia untuk berkongsi idea baru    1    2    3    4    5
10    Saya sentiasa merasakan nilai kemesraan diterapkan dan diamalkan oleh pekerja lain.    1    2    3    4    5
11    Pekerja sedia berkongsi ilmu pengetahuan mereka dengan yang lain    1    2    3    4    5
12    Sikap hormat – menghormati wujud dalam diri setiap rakan kerja    1    2    3    4    5
13    Saya memahami beban dan bidang tugas setiap pekerja dalam organisasi.    1    2    3    4    5
14    Saya merasakan tindakan saya mengambil setiap keputusan adalah demi kepentingan semua pihak.    1    2    3    4    5
15    Saya tidak kisah dengan masalah yang di tanggung oleh pekerja lain    1    2    3    4    5
16    Menangguhkan kerja adalah perkara yang remeh dan biasa bagi saya    1    2    3    4    5
17    Saya sedia dan senang berkongsi masalah dengan pekerja lain.    1    2    3    4    5
18    Saya suka menyiapkan kerja dalam tempoh masa yang diberikan.    1    2    3    4    5
19    Saya rasa tidak salah dalam masa terluang apabila tidak kerja saya membuat kerja lain selain kerja.    1    2    3    4    5
20    Saya akan menghulurkan bantuan untuk menyiapkan kerja orang lain sekiranya kerja saya telah siap.    1    2    3    4    5



Minggu, 26 Agustus 2012

SOAL UKG UNTUK KEPALA SEKOLAH TAHUN 2012 BAGIAN 8


70. Dalam upayanya untuk meningkatkan mutu sekolah, kepala sekolah “X” mengajak seluruh komponen sekolah untuk bekerjasama dengan pihak-pihak terkait termasuk orang tua dan tenaga profesional untuk melakukan evaluasi kinerja sekolah. Kegiatan tersebut dikenal dengan istilah........
A.    Quality control
B.     Quality assurance
C.     Total quality management
D.    School review
E.     School reform

71. Dalam melakukan suatu kegiatan sekolah-sekolah difasilitasi dengan prosedur operasional standar dengan tujuan agar..........
A.    Kegiatan bisa diseragamkan
B.     Kegiatan dapat dilakukan secara efisien
C.     Kegiatan dapat dilakukan dengan mudah
D.    Terdapat jaminan mutu kinerja yang standar
E.     Terdapat komitmen yang kuat untuk mematuhi aturan

72. Dalam Permendiknas no 13 tahun 2007 diamanatkan bahwa kepala sekolah harus memiliki kompetensi kewirausahaan. Berikut ini yang terkait dengan kompetensi kewirausahaan untuk kepala sekolah ialah.........
A.    Menciptakan inovasi untuk pengembangan sekolah
B.     Mampu melakukan kunjungan kelas secara berkala
C.     Mampu bekerjasama dengan pihak lain
D.    Mampu membuat program tahunan dengan benar
E.     Berakhlak mulia dan berperan sebagai teladan

73. Salah satu tujuan MPMBS ialah untuk memandirikan atau memberdayakan sekolah melalui pemberian kewenangan (otonomi) kepada sekolah, pemberian fleksibilitas yang lebih besar kepada sekolah untuk mengelola sumberdaya sekolah, dan mendorong partisipasi warga sekolah dan masyarakat.
Berikut ini yang TIDAK termasuk indikator tercapainya tujuan MPMBS ialah…….
A.    semakin meningkatnya perhatian masyarakat terhadap sekolah
B.     meningkatnya inovasi kepala sekolah untuk mengembangkan lembaga
C.     berkurangya ketergantungan sekolah pada pemerintah
D.    meningkatnya kontribusi warga sekolah dan masyarakat untuk mengembangkan sekolah
E.     meningkatnya jumlah siswa pada masing-masing rombongan belajar

74. Dalam rangka optimalisasi partisipasi warga sekolah dan masyarakat dalam mengembangkan sekolah, maka sekolah boleh  ........
A.    Memungut uang sekolah sebesar-besarnya
B.     Mendorong masyarakat untuk memberikan saran/kritik terhadap sekolah melalui jalur yang benar.
C.     Memprioritaskan warga sekitar dalam merikrut tenaga pengajar
D.    Mewajibkan warga sekitar untuk menjadi donatur tetap untuk pengembangan sekolah
E.     Mengutamakan warga sekitar dalam kegiatan PSB

75. SWOT ialah merupakan singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity dan Threat yang artinya ialah........
A.    Kekuatan, kelemahan, permasalahan dan ancaman
B.     Kekuatan, kelemahan, permasalahan dan solusi
C.     Kekuatan, kelemahan, peluang dan kondisi
D.    Kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman
E.     Kekuatan, inovasi, peluang dan ancaman

76. Analisis SWOT bertujuan untuk.........
A.                Menentukan kesiapan fungsi-fungsi dalam kerangaka mencapai sasaran tertentu
B.                 Menentukan besarnya biaya yang dibutuhkan untuk mencapai sasaran tertentu
C.                 Menghindari kelemahan dan ancaman agar sasaran dapat dicapai
D.                Menunjukkan kekuatan dan menyembunyikan kelemahan dalam kerangka mencapai sasaran
E.                 Menentukan sasaran yang tepat sesuai dengan kesiapan lembaga

77. Visi dari suatu sekolah mungkin tidak sama dengan visi sekolah lain sebab......
A.                Visi dirumuskan sejalan dengan profil sekolah
B.                 Visi harus memiliki keunikan
C.                 Visi yang berbeda akan lebih memacu pengembangan sekolah
D.                Perbedaan merupakan pendorong tercapainya visi
E.                 Perbedaan pendapat dapat mewujudkan visi yang berbeda.

78. Visi sekolah sebaiknya dilengkapi dengan indikator dengan tujuan agar.......
A.                visi tidak ditafsirkan secara berbeda
B.                 tujuan dapat dicapai dengan mudah
C.                 misi dapat dilaksanakan sebaik-baiknya
D.                semua warga sekolah berpartisipasi aktif dalam pencapaian visi
E.                 masyarakat mengenal profil sekolah

79. Sebagai kepala sekolah kita harus senantiasa mengembangkan diri. Hal ini dapat dilakukan dengan......
A.                Memiliki gelar akademik yang setinggi-tingginya
B.                 Menggunakan sebagian besar waktu kita untuk melakukan penelitian
C.                 Senantiasa belajar hal-hal terkait dengan tugas pada saat yang tepat
D.                Menerapkan apapun yang ada pada sekolah internasional dalam sekolah kita
E.                 Berusaha tampil terbaik dalam segala bidang

80. Salah satu ciri khas kepala sekolah yang berkepribadian bagus ialah.......
A.                Mau menerima saran dari staff, orang tua atau masyarakat
B.                 Senantiasa mengumumkan semua informasi terkait dengan lembaga
C.                 Berusaha tidak melibatkan orang lain dalam membuat keputusan
D.                Bersama-sama dengan seluruh warga sekolah untuk mengelola keuangan
E.                 Melakukan apapun agar sekolah menjadi paling baik dibandingkan dengan sekolah sekitar

Sabtu, 25 Agustus 2012

SOAL UKG UNTUK KEPALA SEKOLAH TAHUN 2012 BAGIAN 7

61. Dalam PTK terdapat 4 tahapan, yaitu .......
A.    perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi
B.    perencanaan, observasi, tindakan dan refleksi
C.    perencanaan, refleksi, tindakan dan observasi
D.    perencanaan, refleksi, observasi dan tindakan
E.    refleksi, observasi, tindakan dan kesimpulan

62. Judul yang benar dari PTK ialah.......
A.    Peningkatan Penguasaan Kosa kata Siswa melalui Pajangan Bahasa secara Alami pada Kelas 1 SMK Terpadu Malang.
B.    Pengaruh Pajangan Bahasa secara Alami Terhadap Peningkatan Penguasaan Kosa kata Siswa.
C.    Korelasi antara Penguasaan Kosakata Siswa dan Kegiatan Pajangan Bahasa secara Alami         di SMK 1 Malang.
D.    Penggunaan Strategi Pajangan Alami dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata
E.    Pajangan Bahasa secara Alami Terhadap Peningkatan Penguasaan Siswa.

63. “Dapatkah pajangan bahasa secara alami meningkatkan penguasaan kosa kata siswa pada kelas 1 SMK Terpadu Malang?”
Pernyataan di atas adalah cocok untuk digunakan dalam.......
A.    hepotesis tindakan
B.     tujuan penelitian
C.     rumusan masalah
D.    judul penelitian
E.     latar belakang permasalahan

64. “Orang yang pintar ialah orang yang mampu menjelaskan apa saja yang ia ketahui. Orang yang bijaksana ialah orang yang mampu memberikan motivasi sehingga anda mampu menemukan sesuatu yang baru.” (Revan, 1980)
Pelajaran yang dapat diambil dari kata-kata bijak di atas ialah bahwa......
A.    guru harus senantiasa menjelaskan materi pelajaran sejelas mungkin
B.     guru sebaiknya harus membuat suasana kelas tenang
C.     guru harus memberikan pelayanan prima dengan menuntun siswa untuk mampu menjawab soal-soal ujian
D.    guru harus menciptakan suasana yang kondusif agar siswa mampu belajar mandiri
E.     guru harus tegas agar kelas dapat dikuasai dengan baik

65. “Ing ngarso sung tulodo,Ing madyo mangun karso,Tut wuri handayani” (Ki hajar Dewantoro.)
  Sikap yang TIDAK sesaui dengan kata-kata bijak di atas ialah...........
A.    kita harus bisa menjadi contoh yang baik
B.    apapun yang kita lakukan harus membuat guru/staff/siswa termotivasi
C.    berdayakan guru/staf/siswa dengan mengikuti dan mengarahkan kemauan mereka
D.    arahkan guru/staf/siswa sesuai dengan apa saja yang kita anggap benar
E.    penampilan kita harus bisa membuat suasana kerja lebih baik

66.  Berikut ini yang TIDAK termasuk fungsi kepala sekolah ialah.......
A.    Manajer
B.     Edukator
C.     Motivator
D.    Supervisor
E.     Eksekutor

67. Michael Fullan (2003) menyatakan bahwa seorang kepala sekolah harus memiliki keberanian dan kemampuan untuk membangun kultur berdasarkan hubungan saling percaya antara warga sekolah. Tindakan yang TIDAK sesuai dengan pendapat ini ialah.......
A.    Membagi tugas berdasarkan kompetensi staff
B.     Membuat keputusan berdasarkan kondisi nyata dan aturan yang berlaku
C.     Melaksanakan sendiri semua kegiatan agar kinerja berjalan secara efektif dan efisien
D.    Mencari terobosan yang dapat dilakukan agar kebutuhan peserta didik dapat terpenuhi
E.     Melakukan apapun yang benar dan praktis untuk dilakukan demi tercapainya tujuan sesuai visi sekolah.

68. Sergiovanni (2006) menyatakan bahwa seorang pemimpin harus bisa membedakan antara normative rationality dan technical rationality, yakni: dalam membuat keputusan kita harus berdasarkan norma yang berlaku sekaligus memperhatikan efektifitas dan efesiensi. Bila terjadi permasalahan tentang kedua hal tersebut maka kita harus .........
A.    Mengutamakan yang kedua.
B.     Meninggalkan kedua-duanya
C.     Mengutamakan yang pertama
D.    Melakukan apa saja yang bisa dilakukan
E.     Mementingkan yang efektif untuk dilakukan

69. Dalam manajemen peningkatan mutu sekolah kita kenal dengan istilah benchmarking. Istilah tersebut terkait dengan ......
A.    Kegiatan pengambilan keputusan berdasarkan norma
B.     Penetapan standard tertentu baik perorangan maupun lembaga sebagai dasar peningkatan mutu.
C.     Pemberian identitas suatu benda yang diperlukan untuk peningkatan mutu
D.    Upaya peningkatan mutu dengan mengevaluasi manajemen lembaga secara keseluruhan
E.     Mengupayakan adanya jaminan kualitas dari setiap aspek manajemen lembaga.

Jumat, 24 Agustus 2012

SOAL UKG UNTUK KEPALA SEKOLAH TAHUN 2012 BAGIAN 6

51.  Peraturan menteri nomor 19 mengamanatkan bahwa setiap lembaga pendidikan harus memenuhi standar pengelolaan pendidikan, yang salah satu di antaranya ialah bahwa sekolah harus memiliki visi yang salah satu tujuannya ialah agar sekolah......
A. mampu mencapai standar internasional
B. mampu mengembangkan kurikulum bertaraf internasional
C. mampu meraih cita-cita bersama secara sistematis dan terrencana
D. menjadi sekolah yang terkenal di lingkungannya
E. mampu membuat sekolah unggul dalam bidang akademik

52.  Salah satu fungsi misi sekolah ialah sebagai......
A. sarana memperoleh dana yang cukup untuk mengembangkan lembaga
B. pijakan untuk menentukan program sekolah
C. memberi motivasi siswa dalam melakukan tugasnya
D. meningkatkan kesejahteraan staff dan guru
E. pijakan untuk menentukan tujuan jangka panjang

53.  Setiap warga sekolah wajib mengetahui dan memahami visi dan misi sekolah dengan tujuan agar.......
       A. cita-cita sekolah dapat tercapai tepat waktu
B. pencapaian nilai murni dapat dimaksimalkan
       C. siswa sukses dalam bidang akademik
       D. status sekolah mencapai taraf internasional
     E.  semua siswa dapat lulus dengan nilai yang baik

54. Salah satu fungsi komite sekolah ialah sebagai controller. Salah satu kegiatan komite yang sesuai dengan fungsi ini ialah..........................
A.  mengontrol keterlaksanaan program sekolah
B.  mengontrol kegiatan pembelajaran di kelas
C.  mengontrol kehadiran siswa
A.  mengontrol kehadiran guru
B.  mengontrol perangkat mengajar

55. Sekolah berkewajiban untuk mengembangkan life skills siswa. Maksudnya ialah agar siswa ...........
A.    mampu hidup bahagia sesuai dengan potensi yang dimiliki
B.    memiliki ketrampilan vokasional
C.    memiliki keunggulan akademik
D.    mampu mengerjakan setiap butir soal dalam ujian
E.    dapat diterima di jenjang pendidikan lebih tinggi

56.  Kita dapat menemukan situs di web dengan cepat melalui search engine yang populer yaitu.......
A.    antivir
B.    acrobat reader
C.    yahoo/google
D.    photoshop
E.    microsoft word

57. Program Jardiknas bertujuan untuk meningkatkan  mutu pendidikan Melalui.....
A.    program wajib belajar 9 tahun
B.    pemanfaatan media cetak untuk seluruh institusi di tanah air
C.    akses informasi dan komunikasi online antar lembaga dan komunitas pendidikan
D.    maksimalisasi penggunaan sarana komputer di dalam kelas
E.    bimbingan belajar mandiri

58. Kita dapat mengirim file melalui e-mail dengan menggunakan fasilitas.....
A.    folder
B.    mail list
C.    yahoo massanger
D.    attachment
E.    blog

59. Microsoft Power Point dapat membantu kita dalam melakukan.......
A.    penyimpanan data
B.    pembukuan
C.    presentasi
D.    entry data
E.    photo editting

60. Berikut ini yang termasuk tujuan dari PTK ialah.......
A.    untuk menemukan teori yang baru
B.    untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C.    untuk melakukan eksperimen
D.    untuk membuktikan kebenaran teori yang ada
E.    untuk menguji kebenaran penemuan baru

Kamis, 23 Agustus 2012

SOAL UKG UNTUK KEPALA SEKOLAH TAHUN 2012 BAGIAN 5

41. Membuka perbengkelan sekolah untuk umum dan untuk mengelola kegiatan produksi dan jasa sebagai sumber belajar peserta didik adalah merupakan dimensi kompetensi…....
       A.   Kepribadian
       B.    Produktivitas
       C.    Manajerial
       D.   Kewirausahaan
       E.    Sosial

42. Tantangan yang dihadapi kepala sekolah makin hari makin komplek, baik ancaman dari luar dan hambatan dari dalam sekolah, kepala sekolah yang kompeten...
       A.   pantang rnenyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapinya.
       B.    pantang mundur dan selalu meinperhatikan segi keuntungan.
       C.    maju terus dan selalu membuat inovasi
       D.   yang penting suasana sekolah kondusif
       E.    memberikan motivasi

43.  Sesuai peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005, diamanatkan bahwa lingkup Standar Nasional Pendidikan meliputi 8 standar yang salah satu diantaranya ialah standar isi yang kita gunakan sebagai pijakan untuk menentukan ............
A.   lingkup materi ajar dan tingkat kompetensi
B.    jumlah siswa pada tiap rombongan belajar
C.    sarana prasarana yang harus tersedia di dalam kelas
D.   prosedur kegiatan pembelajaran
E.    jumlah biaya yang dibutuhkan untuk rombongan belajar tertentu.

44.  Sesuai dengan peraturan menteri no 16 tahun 2007, diamanatkan bahwa setiap guru harus memiliki minimal 4 standar kompetensi yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional.
Berikut ini yang termasuk kompetensi kepribadian ialah....
A.   Menghargai setiap peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut.
B.    berkomunikasi dengan orang tua peserta didik secara santun
C.    menguasai bidang yang diajarkan
D.   memahami beberapa teori belajar
E.    menguasai berbagai teknik dalam pembelajaran.

45.  Howard Gardner berpendapat bahwa manusia memiliki kecerdasan yang beraneka ragam yang dikenal dengan “multiple intelligence”. Berikut ini yang tidak termasuk jenis multiple intelligence ialah...........
A.   kecerdasan musikal
B.    kecerdasan linguistik
C.    kecerdasan intrapersonal
D.   kecerdasan emosional
E.    kecerdasan interpersonal

46.  Menurut Gardner, siswa yang tidak menonjol dalam kecerdasan matematik mungkin tidak akan bisa mencapai prestasi luar biasa dalam bidang tersebut, namun.........
A.   bila belajar  ia akan sukses dalam bidang tersebut.
B.    ia perlu melanjutkan studi dalam bidang matematika
C.    ia harus belajar ilmu matematika saja agar sukses
D.   ia mungkin akan berhasil dalam bidang lain
E.    ia mungkin akan menguasai semua bidang

47.  Seorang siswa tampak senantiasa sabar dan pandai memahami permasalahan orang lain. Menurut Gardner, siswa tersebut memiliki kecerdasan ....... yang menonjol.

A. interpersonal
B. intrapersonal
C. lunguistik
D. spasial
E.  logika matematika

48.  Unesco menetapkan 4 hal sebagai pilar pendidikan, yaitu: Learning to know, learning to do, learning to live together dan ...........
A. learning to be
B. learning to learn
C. learning to unlearn
D. learning to understand others
E.  learning to study
49.  Contoh penerapan “learning to live together” dalam pembelajaran ialah penggunaan pendekatan pembelajaran.......
A. ketrampilan proses
B. kooperatif
C. inquiry
D. kentekstual
E.  eksperimen

50.  Sesuai dengan pilar “learning to know”, kita harus melaksanakan hal sebagai berikut.....
A. menjelaskan pelajaran sejelas-jelasnya
B. menugasi siswa untuk menghafal seluruh materi yang ada dalam buku
C. membantu siswa agar mampu belajar secara mandiri
D. membantu siswa agar memiliki nilai maksimal dalam ujian
E.  memberi latihan mekanistik agar siswa mengetahui apa yang ia harus lakukan.

Rabu, 22 Agustus 2012

SOAL UKG UNTUK KEPALA SEKOLAH TAHUN 2012 BAGIAN 4

31. Kepala Sekolah menerima telepon dan seseorang mencari guru, ketika dihubungi dan dicari, guru tersebut tidak masuk tanpa keterangan, kepala sekolah menjawab telepon....
       A.   maaf, guru tersebut tidak ada.
       B.    sepertinya guru tersebut tidak hadir.
       C.    guru tersebut tidak hadir, ada yang dapat saya bantu...
       D.   guru tersebut saya beri tugas, saya dengan senang hati untuk menerima titipan pesan...
       E.    maaf, apa yang bisa saya bantu

32. Perkelahian antar pelajar terjadi di luar sekolah, pada saat jam belajar segerombolan siswa mencari siswa di sekolah yang saudara pimpin, sikap kepala sekolah adalah........
       A.   Mempersilahkan masuk diselesaikan secara kekeluargaan.
       B.    Menghubungi polisi agar segerombolan siswa ditangkap dan diadili.
       C.    Mernbiarkan segerombolan siswa menerima, agar jadi pelajaran.
       D.   Mernpersilahkan masuk, segerombolan didata, menghubungi kepala sekolah untuk melindungi siswanya sendiri.
       E.    Diselesaikan dengan BK

33. Sekolah memperoleh kebebasan untuk bekerjasama dengan pihak lain dengan memperhatikan kriteria........
A.   Keuntungan dan kerugian dari kerjasama
B.    Kemampuan bekerjasama dengan berbagai pihak.
C.    Keluwesan bekerjasama dengan berbagai pihak.
D.   Santun dalam bekerjasama dengan berbagai pihak
E.    Mengikuti etika birokrasi yang berlaku

34. Untuk meraih kejuaraan akademis atau ekstrakurikuler sekolah mempersiapkan dengan program yang jelas dan dilaksanakan sesuai dengan jadwal kegiatan kerjasama, dalam pelaksanaannya Kepala sekolah........  
A.   selaku pimpinan penentu kesuksesan
B.    sebagai top leader terdepan dalam kegiatan
C.    melibatkan siswa, pendidik dan tenaga kependidikan
D.   melibatkan orang ahli agar juara
E.    memberikan motivasi

35. Sekolah keberadaannya tidak lepas dengan masyarakat di sekitarnya baik secara budaya, sosial dan ekonomi, pemahaman terhadap lingkungan menjadi penting sebagai Kepala Sekolah.......
       A.   terlibat kegiatan RT-RW bukan kepentingan sekolah.
       B.    kegiatan karang taruna sebagai wadah pemuda desa
       C.    partisipasi aktif dalam kegiatan sosial di sekitar sekolah hingga skala nasional
       D.   aktif dalam kegiatan sosial di sekitar sekolah hingga skala nasional.
       E.    melibatkan komite sekolah


36. Jika dilingkungan sekolah terjadi bencana, dalam anggaran belanja sekolah tidak terprogram maka, kecuali......
A.   Kepala Sekolah membuka amal bencana.
B.    Kepala Sekolah memiliki kepekaan sosial tetap memberi sumbangan.
C.    Kepala Sekolah dengan uang pribadi menyumbang.
D.   Sumbangan spontan bantuan bencana.
E.    Kepala Sekolah membuat edaran

37. Terlibatnya siswa, pendidik dan tenaga kependidikan dalam ekstra kurikuler yang melibatkan banyak pihak luar sekolah tergolong dimensi kompetensi Kepala Sekolah…….
       A.   Pribadi
B.    Sosial
C.    Manajerial
D.   Akademis
E.    Profesional

38. Partisipasi aktif dalam kegiatan kecamatan, kabupaten/kota termasuk masuk dimensi kompetensi Kepala Sekolah.........
A.   Kepribadian
B.    Manajerial
C.    Sosial
D.   Sektoral
E.    Akademik

39. Berakhlak mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi…....
A.   Kepribadian
B.    Manajerial
C.    Sosial
D.   Moral
E.    Profesional

40. Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah, memiliki motivasi dan kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi.......
A.   Kepribadian
B.    Manajerial
C.    Sosial
D.   kewirausahaan
E.    Akademis

Selasa, 21 Agustus 2012

SOAL UKG UNTUK KEPALA SEKOLAH TAHUN 2012 BAGIAN 3

21. Untuk memenuhi Standar Pengelolaan Ruang Multi Media yang dimiliki sudah siap dan lengkap isinya dan akan dimanfaatkan secara optimal. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...

A.   Mengadakan rapat dewan pendidik tentang optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata pelajaran,
B.    Memberikan surat edaran kepada semua guru untuk memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal,
C.    Mengadakan rapat dewan pendidik tentang optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua mata pelajaran dan dipantau pemanfaatannya melalui jumal penggunaan ruang media,
D.   Mengedarkan surat pernyataan kepada semua guru untuk ditandatangani dan dikembalikan sehingga guru akan memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal
E.    Membuat undangan untuk rapat dewan pendidikan dalam rangka pemanfaatan ruang multimedia.

22. Kepala SMKN 1 Kota Besar senantiasa menambah daya tampung sehingga jumlah rombongan belajar saat ini adalah 30 rombel dengan setiap rombel menampung 44 siswa. Jika Anda sebagai Kepala di SMK tersebut yang dilakukan adalah ...
A.   Mempertahankan jumlah rombel dan jumlah siswa setiap rombel karena hal ini menandakan animo masyarakat tinggi,
B.    Mengurangi jumlah rombel secara bertahap sampai batas maksimal yaitu 27 rombel dengan jumlah siswa perrombel tetap 32 siswa
C.    Mepertahankan jumlah rombel tetapi mengurangi jumlah siswa menjadi 40 siswa perombel,
D.   Mengurangi jumlah rombel secara bertahap sampai batas maksimal yaitu 27 rombel dengan jumlah siswa perrombel 40 siswa
E.    Mempertahankan jumlah rombel dengan menambah fasilitas jam mengajar

23. Kepala sekolah sebagai pimpinan di satuan pendidikan dituntut untuk memiliki kompetensi kepribadian, kecuali?
A.   tanggung jawab dan komitmen terhadap tugas.
B.    mampu beradaptasi dengan perkantoran.
C.    berkeinginan antuk terus mengasah keterampilan diri.
D.   inovatif, kreatif mengembangkan sekolah.
E.    educator, manager, supervisior, leader, inovator.

24. Di awal tahun pelajaran kepala sekolah menetapkan program peningkatan kesejahteraan guru, semua pendidik dan tenaga kependidikan merasa senang karena tuntutannya terpenuhi, di tengah perjalanan pemasukan keuangan tersendat karena dampak ¬kenaikan barang, menyikapi hal tersebut kepala sekolah:
A.   rnenghentikan kenaikan uang transport, karena PNS telah mendapat gaji.
B.    tetap uang transport diberikan, sekalipun devisit keuangan sekolah dan melakukan perubahan APBS.
C.    pembayaran uang transport pembayarannya ditunda.
D.   pinjam uang koperasi sekolah untuk mengatasi lambatnya pemasukan.
E.    menaikan jumlah SPP

25.  Penempatan Kepala Sekolah di sekolah baru, keadaan tenaga pendidik dan kependidikan terbatas, sarana prasarana terbatas untuk menjalankan tugas kepala sekolah!
       A.   mengingat semua guru dan TU tenaga baru belum pengalaman maka, semua tugas mengerjakan sendiri agar cepat selesai.
       B.    semua dikerjakan dengan lambat yang penting selesai dan selamat.
       C.    saya memahami keadaan, semua guru dan TU diikut-sertakan workshop agar SDM mengikat.
       D.   menyusun struktur organisasi, menyusun uraian tugas (tupoksi) semua dikerjakan bersama-sama untuk menyelesaikan pekerjaan.
       E.    menyusun visi, misi dan membuat program dan stuktur organisasi sekolah

26. Kepala Sekolah ditekan olch wartawan dan LSM atasi block grant peningkatan mutu, sehingga kepala sekolah tidak krasan di sekolah, hasil audit kepala sekolah tidak bersalah?
A.       Mempertahankan tetap mengemban amanat, apa pun yang terjadi.
B.       Mengajukan mutasi agar terdapat suasana kerja baru.
C.       Menantang siapa pun orangnya yang menekan.
D.       Wartawan dan LSM adalah mitra dalam menjalankan tugas.
E.        Memohon pembinaan untuk memperbaiki sesuai dengan aturan yang berlaku.

27. Sebagai pimpinan dalam stratifikasi sosial sekolah, Kepala Sekolah adalah tingkatan tertinggi, ada sekelompok guru tidak pernah mempedulikan kepala sekolah dan tidak pernah menegur Kepala Sekolah jika saling jumpa, sikap kepala sekolah?
A.       biar saja, asal tidak mengganggu.
B.       guru tersebut diberi surat panggilan, karena kepala sekolah penguasa tunggal di sekolah.
C.       Kepala Sekolah setiap pagi menyambut kehadirannya dengan menyapa dan menyampaikan salam.
D.       mengabsen guru-guru untuk memeriksa kedisiplinannya, agar ikut memikirkan sekolah.
E.        memanggil untuk dibina

28. Perubahan-perubahan selalu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah baik perubahan kurikulum, administrasi pendidikan, model dan strategi pembelajaran maupun pengelolaannya untuk melakukan perubahan...
A.       merasa tidak enak melakukan perubahan, khawatir pada guru-guru yang tidak mendukung.
B.       selalu menunggu petunjuk dan arahan Kepala Dinas agar tidak menyalahi prosedur.
C.       melakukan keseimbangan dalam mengembangkan pendidikan antara sekolah, dinas pendidikan dan pemerintah daerah/pusat.
D.       memerintahkan untuk melukukan perubahan demi perbaikan mutu pendidikan.

29. Pengambilan keputusan untuk menyelesaikan permasalahan sangat dipengaruhi keterampilan, skill, attitude, style kepemimpinan.......
a.         Dalam pengambilan keputusan kepala sekolah mutlak bertanggung jawab utama.
b.         Dengan senang hati mendengar pendapat, saran orang lain sebagai bahan pengambilan keputusan.
c.         Keputusan didasarkan pada aturan saja.
d.        Memiliki sikap tertutup sehingga masalah tidak makin keruh dan mudah penyelesaiannya.
e.         Sebagai pemimpin memiliki kompetensi yang profesional.

30. Seorang guru menghujat kepala sekolah ketika ada rapat dinas, rnencemooh dan mengkritik habis-habisan tidak puas atas kepemimpinannya.........
A.   Perilaku guru tersebut sangat kelewat, sehingga menurunkan harga diri maka perlu ditantang.
B.    Guru tersebut tidak memiliki tata krama maka diusulkan untuk dimutasi.
C.    Biar saja meledak-ledak dalam menyampaikan pendapat, guru tersebut difahamkan dan dijelaskan agar mengerti,
D.   Tidak perlu dijawab, agar suasana rapat terus terkendali.
E.    Guru tersebut tidak memiliki etika birokrasi