Sabtu, 25 Agustus 2012

SOAL UKG UNTUK KEPALA SEKOLAH TAHUN 2012 BAGIAN 7

61. Dalam PTK terdapat 4 tahapan, yaitu .......
A.    perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi
B.    perencanaan, observasi, tindakan dan refleksi
C.    perencanaan, refleksi, tindakan dan observasi
D.    perencanaan, refleksi, observasi dan tindakan
E.    refleksi, observasi, tindakan dan kesimpulan

62. Judul yang benar dari PTK ialah.......
A.    Peningkatan Penguasaan Kosa kata Siswa melalui Pajangan Bahasa secara Alami pada Kelas 1 SMK Terpadu Malang.
B.    Pengaruh Pajangan Bahasa secara Alami Terhadap Peningkatan Penguasaan Kosa kata Siswa.
C.    Korelasi antara Penguasaan Kosakata Siswa dan Kegiatan Pajangan Bahasa secara Alami         di SMK 1 Malang.
D.    Penggunaan Strategi Pajangan Alami dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata
E.    Pajangan Bahasa secara Alami Terhadap Peningkatan Penguasaan Siswa.

63. “Dapatkah pajangan bahasa secara alami meningkatkan penguasaan kosa kata siswa pada kelas 1 SMK Terpadu Malang?”
Pernyataan di atas adalah cocok untuk digunakan dalam.......
A.    hepotesis tindakan
B.     tujuan penelitian
C.     rumusan masalah
D.    judul penelitian
E.     latar belakang permasalahan

64. “Orang yang pintar ialah orang yang mampu menjelaskan apa saja yang ia ketahui. Orang yang bijaksana ialah orang yang mampu memberikan motivasi sehingga anda mampu menemukan sesuatu yang baru.” (Revan, 1980)
Pelajaran yang dapat diambil dari kata-kata bijak di atas ialah bahwa......
A.    guru harus senantiasa menjelaskan materi pelajaran sejelas mungkin
B.     guru sebaiknya harus membuat suasana kelas tenang
C.     guru harus memberikan pelayanan prima dengan menuntun siswa untuk mampu menjawab soal-soal ujian
D.    guru harus menciptakan suasana yang kondusif agar siswa mampu belajar mandiri
E.     guru harus tegas agar kelas dapat dikuasai dengan baik

65. “Ing ngarso sung tulodo,Ing madyo mangun karso,Tut wuri handayani” (Ki hajar Dewantoro.)
  Sikap yang TIDAK sesaui dengan kata-kata bijak di atas ialah...........
A.    kita harus bisa menjadi contoh yang baik
B.    apapun yang kita lakukan harus membuat guru/staff/siswa termotivasi
C.    berdayakan guru/staf/siswa dengan mengikuti dan mengarahkan kemauan mereka
D.    arahkan guru/staf/siswa sesuai dengan apa saja yang kita anggap benar
E.    penampilan kita harus bisa membuat suasana kerja lebih baik

66.  Berikut ini yang TIDAK termasuk fungsi kepala sekolah ialah.......
A.    Manajer
B.     Edukator
C.     Motivator
D.    Supervisor
E.     Eksekutor

67. Michael Fullan (2003) menyatakan bahwa seorang kepala sekolah harus memiliki keberanian dan kemampuan untuk membangun kultur berdasarkan hubungan saling percaya antara warga sekolah. Tindakan yang TIDAK sesuai dengan pendapat ini ialah.......
A.    Membagi tugas berdasarkan kompetensi staff
B.     Membuat keputusan berdasarkan kondisi nyata dan aturan yang berlaku
C.     Melaksanakan sendiri semua kegiatan agar kinerja berjalan secara efektif dan efisien
D.    Mencari terobosan yang dapat dilakukan agar kebutuhan peserta didik dapat terpenuhi
E.     Melakukan apapun yang benar dan praktis untuk dilakukan demi tercapainya tujuan sesuai visi sekolah.

68. Sergiovanni (2006) menyatakan bahwa seorang pemimpin harus bisa membedakan antara normative rationality dan technical rationality, yakni: dalam membuat keputusan kita harus berdasarkan norma yang berlaku sekaligus memperhatikan efektifitas dan efesiensi. Bila terjadi permasalahan tentang kedua hal tersebut maka kita harus .........
A.    Mengutamakan yang kedua.
B.     Meninggalkan kedua-duanya
C.     Mengutamakan yang pertama
D.    Melakukan apa saja yang bisa dilakukan
E.     Mementingkan yang efektif untuk dilakukan

69. Dalam manajemen peningkatan mutu sekolah kita kenal dengan istilah benchmarking. Istilah tersebut terkait dengan ......
A.    Kegiatan pengambilan keputusan berdasarkan norma
B.     Penetapan standard tertentu baik perorangan maupun lembaga sebagai dasar peningkatan mutu.
C.     Pemberian identitas suatu benda yang diperlukan untuk peningkatan mutu
D.    Upaya peningkatan mutu dengan mengevaluasi manajemen lembaga secara keseluruhan
E.     Mengupayakan adanya jaminan kualitas dari setiap aspek manajemen lembaga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar